administrasi guru nuptk


ContohPTK
format silabus

format rpp smk.

NUPTK : http://www.nuptk.info/content.php?pageid=4

MODUL
Bahasa Inggris
MODUL_A11

MODUL_A12

ADMINISTRASI GURU SD
silahkan klik link dibawah ini:
http://polowijoyo.wordpress.com/2009/05/31/administrasi-kelas-sd-dapat-anda-temukan-di-sini/

MULTIMEDIA

Kompetensi Luar Biasa Multimedia di SMK

Terdapat 3 kompetensi yang saya rasa sangat-sangat berat di Sekolah Kejuruan Prodi Multimedia :

1. Membuat Gambar Kunci untuk Animasi
2. Membuat Gambar Clean-up dan Sisip
3. Membuat Animasi Stop Motion (Bidang Datar)

Substansi ketiga kompetensi diatas adalah dalam kategori Pra Produksi. Di dalam fungsi sebuah storyboard, adalah bagaimana kita dapat memanajemen sebuah produksi dengan akurat. Menyampaikan ke bagian produksi yang hasilnya dapat diharapkan sesuai dengan imaginasi seorang director ataupun orang-orang “above the line”.

Perkembangan didunia komputer sangatlah pesat dalam hal ini,berbagai macam software sudah mampu membuat gambar kunci kamera beserta artis dan ornamennya secara instan. Salah satunya yang saya gunakan sebagai acuan adalah software FrameForge 3D. Namun saya rasa juga sangat berat juga untuk dilakukan di lingkungan siswa SMK meskipun berlabel instan.

Jika siswa dapat menguasai software ini, maka ketiga kompetensi diatas dapat tercapai, bahkan bisa lebih.., mulai dari gambar kunci, penataan kamera, set lokasi, dan sebagainya sehingga tingkat keakuratan apa yang diimpikan (dikonsep) oleh seorang Director dapat terealisasi dengan tingkat reduksi kualitas yang kecil. Dapat dibayangkan jika seorang kameramen tinggal lihat preview (termasuk arah kamera secara dolly ataupun tilt). Sutradara gak bakal bentak-bentak lagi tentang apa kemauannya.
Untuk lebih jelasnya software ini, silahkan kunjungi

http://www.frameforge3d.com/pitch-page.php

dan katakan wow…. it’s easy, but so hard..!!

Hingga kini saya masih menggunakan cara kuno “Shot List” sebagai panduan produksi video atau film buat siswa SMK. Namun lebih mengena ke siswa karena kemudahannya walaupun hasil jauh dari impian si director. Yang penting jalan dulu. Kesulitan terbesar adalah soal biaya, maka dari itu saya menggunakan metode seperti ini.
Metodenya adalah :

1. Presentation Session :Siswa mengajukan proposal produksi secara simple yang terdiri dari latar belakang, tujuan, sipnosis dan yang utama adalah Biaya.Memakai slide diproyeksikan dan akan mendapat komentar baik dr siswa lain maupun guru. Jika ACC, maka ke tahap 2.
2. Full Script : Siswa mengumpulkan script secara penuh, kayakcerpen atau bahkan novel.Jika acara non drama maka cukup daftar sesi
3. Camera Shot List : Menentukan angle dari kamera, suara dan set designer-nya. List ini sesuai dengan sekuen alur cerita
4. Pembagian shot list berdasarkan lokasi, soal hari di cerita dapat dimanipulasi.

— Jalan ama casting pemeran, ijin lokasi, peralatan dll —
— Kemudian produksi, dll.. —
— Terakhir adalah editing sesuai dengan list alur cerita —
Saya telah mencoba 3 buku yang gagal dicerna siswa SMK yakni 2 buku dari sesepuh TVRI dan 1 buku keluaran penerbit terkenal asal Jogja.
3 Blog dari Dosen komunikasi juga terlalu teoritis banget…
So…. show must go on..
Untuk RPP-nya, maaf… nyusun belakangan aja.🙂

Komentar
  1. HARI mengatakan:

    salam kenal…….keluhan saya ternyata bnyk temennya semua terhalang di biaya……bisa bagi ilmu dengan kami di smk 1 wonosobo pak????

    • nurhidayat mengatakan:

      memang untuk biaya jurusan multimedia besar, tapi saya yakin bagi sekolah negeri tidak begitu masalah, akan tetapi akan bermasalah bagi sekolah swasta yang notabene masih baru dengan dana yang dikit.

  2. duta mengatakan:

    wah pak nurhidayat malah sekolah negeri yang paling payah masalah alat, mana situasinya tidak sedikit kepala daerah untuk merebut hati rakyarbeda jaut melakukan pendidikan gratis tanpa memberikan anggaran yang tepat bagi SMK yang nota benenya berbeda jauh dengan dana SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s